PaluPos.Com

Berita

 Breaking News
  • Belanda Mendadak Setop Pakai Facebook, Ini Alasannya Pemerintah Belanda mengumumkan pihaknya tidak akan menggunakan Facebook lagi di masa depan. Mereka beralasan tujuannya untuk keamanan masyarakatnya. Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri setempat pernah meminta Otoritas Perlindungan Data Belanda (DPA)...
  • Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan oleh Remaja di Negara-negara Maju Penggunaan produk tembakau alternatif oleh remaja di bawah usia 18 tahun menjadi keprihatinan para pemangku kepentingan. Ternyata, ada fakta menarik yang menunjukkan bahwa produk tembakau yang dipanaskan minim digunakan oleh...
  • Ketahui 5 Perbedaan Label Kadaluwarsa Kemasan Makanan Menjelang hari Lebaran, ada berbagai diskon yang digelar gerai-gerai belanja. Salah satu item yang cukup banyak didiskon adalah makanan-makanan dalam kemasan di supermarket. Jangan asal kalap membelinya ya,  Anda perlu...
  • Jangan Pernah Percaya Haji Tanpa Antre Lamanya waktu menunggu untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci membuat sebagian oknum masya-rakat memanfaatkan masalah ini untuk menawarkan haji ce-pat atau tanpa antre. Haji tanpa antre yang ditawarkan tersebut...
  • Kim Jong Un Menggila, Korut Tembak ‘Serangan Balasan Nuklir’ Korea Utara (Korut) kembali mencari perhatian dunia. Di tengah perang yang berkecambuk di Rusia dan Ukraina serta memenasnya Timur Tengah karena serangan Israel ke Gaza dan konflik Israel-Iran, Pyongyang melakukan...

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api

Menhub pastikan kelancaran angkutan mudik Lebaran lewat kereta api
Maret 25
16:02 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, melalui transportasi kereta api dapat berjalan lancar dan mengantisipasi adanya penumpukan.

“Kami melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk memastikan pelayanan angkutan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar,” kata Budi di sela meninjau kesiapan Stasiun Kereta Api Pasar Senen di Jakarta, Minggu.

Budi dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu menyampaikan ada beberapa hal yang diupayakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik dan balik melalui moda transportasi kereta api.

“Pertama, keberangkatan Kereta Api (KA) lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi,” kata Budi.

Kedua, lanjut Budi, PT KAI telah menambah dua rangkaian kereta Api baru tujuan Jawa Barat, yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir – Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir – Stasiun Garut.

“Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun,” ujar Budi.

Dia menerangkan pada masa angkutan Lebaran 2024, PT KAI Daop I telah menyediakan 1.664 kereta api (KA), dengan rata-rata 76 perjalanan per hari. Sementara KA tambahan sebanyak 366 KA atau rata-rata 17 perjalanan per hari.

Budi menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang telah memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang KA serta koordinasi berbagai pihak dalam mengupayakan kelancaran angkutan lebaran.

“Semua kita lakukan dengan baik. Tadi saya menyapa dan bertanya kepada beberapa penumpang. Mereka rata-rata memberikan apresiasi kepada KAI dan semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang baik agar mudik ceria penuh makna dapat kita laksanakan,” ucap Budi.

Selain menyapa para penumpang, Menhub juga membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada para penumpang KA di stasiun Pasar Senen.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa, Direktur Teknik PT KAI Commuter Denny Haryanto, dan Kepala PT KAI Daop I Jakarta Iwan Eka Saputra.***

Related Articles