PaluPos.Com

Berita

 Breaking News
  • Belanda Mendadak Setop Pakai Facebook, Ini Alasannya Pemerintah Belanda mengumumkan pihaknya tidak akan menggunakan Facebook lagi di masa depan. Mereka beralasan tujuannya untuk keamanan masyarakatnya. Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri setempat pernah meminta Otoritas Perlindungan Data Belanda (DPA)...
  • Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan oleh Remaja di Negara-negara Maju Penggunaan produk tembakau alternatif oleh remaja di bawah usia 18 tahun menjadi keprihatinan para pemangku kepentingan. Ternyata, ada fakta menarik yang menunjukkan bahwa produk tembakau yang dipanaskan minim digunakan oleh...
  • Ketahui 5 Perbedaan Label Kadaluwarsa Kemasan Makanan Menjelang hari Lebaran, ada berbagai diskon yang digelar gerai-gerai belanja. Salah satu item yang cukup banyak didiskon adalah makanan-makanan dalam kemasan di supermarket. Jangan asal kalap membelinya ya,  Anda perlu...
  • Jangan Pernah Percaya Haji Tanpa Antre Lamanya waktu menunggu untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci membuat sebagian oknum masya-rakat memanfaatkan masalah ini untuk menawarkan haji ce-pat atau tanpa antre. Haji tanpa antre yang ditawarkan tersebut...
  • Kim Jong Un Menggila, Korut Tembak ‘Serangan Balasan Nuklir’ Korea Utara (Korut) kembali mencari perhatian dunia. Di tengah perang yang berkecambuk di Rusia dan Ukraina serta memenasnya Timur Tengah karena serangan Israel ke Gaza dan konflik Israel-Iran, Pyongyang melakukan...

Ini 5 Cara Atasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru

Ini 5 Cara Atasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru
Juli 28
17:26 2021

PALUPOS.COM – Makan dengan cepat dan terburu-buru terkadang membuat orang tersedak. Ada cara mengatasi tersedak makanan agar tidak berdampak bahaya.

Masalah makanan tidak dapat dianggap remeh, makanan yang berdampak buruk pada saluran napas justru berakibat fatal jika tidak ditangani segera. Biasanya orang tersedak makanan ketika makan secara cepat dan terburu-buru.

Kebanyakan orang akan langsung minum air ketika mengalami tersedak makanan padahal ini kasus solusi yang tepat, apalagi saat tersedak makanan sudah parah. Caranya adalah dengan minum soda atau berusaha untuk batuk. Tujuannya adalah agar makanan yang menghambat di saluran tenggorokan bisa segera keluar.

Berikut beberapa cara mengatasi tersedak makanan, seperti dilansir detikcom:

1. Jangan panik
Makanan biasanya terjadi secara spontan. Namun hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. ketika kamu panik, tubuh akan secara refleks merasa sesak napas dan pikiran juga jadi tak karuan. Reaksi panik ketika tersedak justru akan memperparah keadaan.

Jika kasus tersedaknya ringan, kamu bisa minum air disarankan disarankan untuk jangan meneguk air lebih dulu karena yang tersangkut di tenggorokan justru akan meningkatkan masuk dan menyumbat.

2. Paksakan untuk Batuk
Seseorang yang tersedak pasti akan refleks batuk, ketika hendak reaksi ini muncul usahakan untuk batuk tenaga. Jika perlu kamu bisa batuk sambil sedikit menghentak.

Jika masih bisa batuk atau berbicara, kasus tersedak ini masih terbilang ringan. Artinya, seluruh makanan tidak sepenuhnya tertutup. Namun perlu diperhatikan ketika kamu tersedak dan tidak bisa berbicara sama sekali, kasus ini perlu dianggap serius.

3. Tepuk dada menggunakan telapak tangan
Jika kamu sudah merasa agak sesak dan sulit bernapas karena tersedak, tepuk bagian dada menggunakan tangan. Tepuk sekuat tenaga agar makanan bisa keluar dengan mudah.

Pertolongan pertama ini bisa dilakukan sendiri namun kamu juga bisa meminta bantuan orang lain. Jika menepuk dada masih tidak bisa mengatasi tersedak maka kamu perlu dibantu orang lain untuk menepuk bagian punggung.

Condongkan badan ke arah depan lalu minta bantuan untuk menepuk punggung menggunakan tangan yang dikepal. Lalukan perlahan namun kuat, pukul sebanyak 5 kali sampai makanan yang menyumbat bisa langsung terpental.

4. Minum soda
Untuk kasus tersedak ringan atau sedang, kamu bisa mengandalkan minuman bersoda. Minuman berkarbonasi ini diklaim mampu mengatasi kasus tersedak makanan. Bahkan dokter dan petugas darurat juga menerapkan cara ini.

Gas karbon dioksida dalam minuman bersoda dapat membantu mengeluarkan gas dalam perut, proses sendawa karena gas inilah yang diharapkan mampu mengatasi kasus tersedak. Tapi cara ini tidak bisa diterapkan untuk kasus tersedak yang parah karena saluran tenggorokan biasanya tertutup oleh makanan.

5. Menggunakan kursi
Mengatasi kasus tersedak makanan menggunakan bantuan kursi ini dikenal dengan sebutan teknik Heimlich. Cara ini akan memberikan tekanan di bagian bawah diafragma sehingga menekan udara yang tersisa di paru-paru untuk naik dan mendorong makanan ke luar.

Teknik Heimlich ini terbilang sulit dilakukan sendiri sehingga membutuhkan bantuan orang lain. Ambil kursi dengan sandaran yang kuat dan kokoh atau meja, dorong bagian diagfragma ke arah kursi dengan sedikit menghentak. Lalukan beberapa kali hingga makanan keluar. (mg1)

Related Articles