PaluPos.Com

Berita

 Breaking News
  • Belanda Mendadak Setop Pakai Facebook, Ini Alasannya Pemerintah Belanda mengumumkan pihaknya tidak akan menggunakan Facebook lagi di masa depan. Mereka beralasan tujuannya untuk keamanan masyarakatnya. Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri setempat pernah meminta Otoritas Perlindungan Data Belanda (DPA)...
  • Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan oleh Remaja di Negara-negara Maju Penggunaan produk tembakau alternatif oleh remaja di bawah usia 18 tahun menjadi keprihatinan para pemangku kepentingan. Ternyata, ada fakta menarik yang menunjukkan bahwa produk tembakau yang dipanaskan minim digunakan oleh...
  • Ketahui 5 Perbedaan Label Kadaluwarsa Kemasan Makanan Menjelang hari Lebaran, ada berbagai diskon yang digelar gerai-gerai belanja. Salah satu item yang cukup banyak didiskon adalah makanan-makanan dalam kemasan di supermarket. Jangan asal kalap membelinya ya,  Anda perlu...
  • Jangan Pernah Percaya Haji Tanpa Antre Lamanya waktu menunggu untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci membuat sebagian oknum masya-rakat memanfaatkan masalah ini untuk menawarkan haji ce-pat atau tanpa antre. Haji tanpa antre yang ditawarkan tersebut...
  • Kim Jong Un Menggila, Korut Tembak ‘Serangan Balasan Nuklir’ Korea Utara (Korut) kembali mencari perhatian dunia. Di tengah perang yang berkecambuk di Rusia dan Ukraina serta memenasnya Timur Tengah karena serangan Israel ke Gaza dan konflik Israel-Iran, Pyongyang melakukan...

Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Motor Matic

Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Motor Matic
November 06
12:54 2021

PALUPOS.COM – Selain oli mesin, motor matic memiliki satu lagi pelumas yang wajib diganti secara rutin. Pelumas tersebut adalah oli transmisi atau biasa juga disebut oli gardan.

Fungsi oli gardan sangat penting dan tidak bisa disepelekan. Berikut waktu yang tepat mengganti oli gardan motor matic.

Motor matic atau skuter matik (skutik) saat ini telah salah satu jenis sepeda motor yang paling banyak digemari oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Kemudahan serta kepraktisan yang ditawarkan menjadi alasan utamanya.

Agar skutik dapat selalu diandalkan dalam mendukung mobilitas harian, perlu dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini, yang membuat motor lebih sering terparkir dan tidak terpakai.

Salah satu komponen motor matic yang perlu diperhatikan secara rutin adalah penggantian oli transmisi motor matic (baik berdasarkan jarak tempuh maupun waktu).

Dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya seperti dilansir detikcom, oli transmisi matic bekerja melumasi sistem kerja antar komponen transmisi yang bergesekan. Oleh karena itu, penggantian cairan ini harus bersifat rutin, tepat waktu, dan tentunya menggunakan oli berkualitas.

Dengan perawatan dan penggunaan oli transmisi yang tepat, suara mesin dapat tetap halus, kecepatan motor tetap mulus serta ringan, sehingga mendukung penggunaan bahan bakar.

Disebutkan dalam laman Honda Cengkareng, interval penggantian oli lebih lama dibandingkan interval penggantian oli mesin. Jika oli mesin biasanya diganti setiap 3.000 km, maka untuk oli transmisi cukup diganti setiap 8.000 km atau setiap 8 bulan.

Kapasitas oli transmisi setiap motor matic pun berbeda-beda. Misalnya motor matic Yamaha bermesin karburator dan 125 blue core, disarankan pakai kapasitas 100 ml, untuk motor matic injeksi 115 pakai yang 140 ml, dan skutik gambot seperti jajaran Maxi Series pakai yang kapasitas 150 ml.
(mg1)

Related Articles