PaluPos.Com

Berita

 Breaking News

Presiden Rouhani Kembali Menangi Pilpres Iran

Presiden Rouhani Kembali Menangi Pilpres Iran
Mei 20
14:52 2017

Hassan Rouhani bakal kembali menjadi Presiden Iran. Itu setelah dia menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Iran tahun 2017 ini. Dia unggul 58,6% mengalahkan pesaingnya, Ebrahim Raisi.

Dalam pilpres ini, Iran hanya menempatkan empat kandidat, yang suaranya hanya didominasi Rouhani dan Ebrahim Raisi yang memperoleh suara 39,8%. Itu setelah beberapa kandidat mengundurkan diri.

Menurut Al-Jazeera, Sabtu (20/5/2017), dua capres lainnya Mostafa Mirsalim dan Mostafa Hashemitaba hanya mendapatkan suara sekitar 1 %.

Dan dengan kemenangan ini, maka Rouhani akan kembali memimpin Iran dalam empat tahun ke depan. Rouhani selalu menyerukan kebebasan dan membuat Iran menjalin hubungan yang lebih luas dengan dunia.

Rouhani telah mewujudkan harapan Iran yang lebih liberal dan berpikiran reformatif untuk mendapatkan kebebasan politik yang lebih besar. Dia juga membuat hubungan yang lebih baik dengan dunia luar.

Dalam pilpres ini proses pemungutan suara digelar pada Sabtu, 19 Mei dengan total 40 juta pemilih. Besarnya antusiasme dan jumlah pemilih yang datang, waktu pemungutan suara terpaksa diperpanjang hingga lima jam dari waktu awal yang ditentukan.  jss

Related Articles